Kreatif! Warga Subang Buat Bonsai Kelapa Ukiran Kura-kura

Kreatif! Warga Subang Buat Bonsai Kelapa Ukiran Kura-kura

Bonsai tanaman atau pohon yang dikerdilkan dan disimpan di dalam pot yang bisa dibentuk sesuai keinginan, seperti halnya miniatur. Salah satunya bonsai dari kalapa yang dikreasikan menjadi unik dan menarik. Budi salah satu warga Kabupaten Subang ini membuat bonsai tanaman kelapa yang enak dipanjang. Di kediamannya di Jalan Pejuang 45, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Subang Kota, Kabupaten Subang, tanaman bonsai yang dibuat oleh Budi ini berbagai macam. Ada bonsai kelapa yang dibentuk seperti kura-kura, atau bonsai kalapa yang dibuat pada umumnya seperti digantung.

Budi mengatakan, berawal dari hobi merawat tanavan, dirinya kini membuat aneka jenis bonsai salah satunya dari kelapa. "Saya tuh hobi ya merawat tanaman. Terus bonsai juga salah satu hobi saya ya," kata dia. Lantaran kecintaannya terhadap tanaman, Budi pun rajin membuar tanaman bonsai. Terdapat dua metode yang digunakan oleh Budi untuk membuat bonsai kelapa, salah satunya menggunakan metode air dan metode tanam.

"Awalnya saya memang tidak punya aktivitas apapun tidak bekerja juga saya memang hobi juga buat bonsai, mulainya juga baru-baru ini belum ada satu tahun," ujar Budi. Dikatakan Budi, cara membuat bonsai kura-kura dari buah kelapa ini ia hanya membutuhkan bahan kelapa yang sudah tua. Kemudian diukir  seperti halnya kura-kura sebagai hiasan bonsai. Untuk tumbuh secara maksimal hingga menjadi tunas, bonsai kelapa ini membutuhkan waktu selama dua bulan.
"Sebetulnya ini beda dengan yang lain. Kata orang lain mah bonsai kelapa bisa dibilang legend," tuturnya.

Bonsai kelapa kura-kura karya tangan terampil Budi ini, sudah banyak yang memesan hingga luar Kabupaten Subang seperti Banten dan Kota Bandung. "Alhamdulillah ya. Dari Banten dan Bandung sengaja memesan bonsai ini ke saya," ujarnya. Untuk harganya bonsai kelapa kura-kura ini, Budi menjualnya mulai dari harga Rp.100 ribu hingga Rp. 250 ribu. "Kalau untuk ukiran yang bentuk kura-kura saya jual Rp.250 ribu. Untuk yang kura-kura itu sebisa saya saja bikinnya dibuat menarik," ungkapnya.


Sumber:
https://cianjur.suara.com/read/2022/08/18/170200/kreatif-warga-subang-buat-bonsai-kelapa-ukiran-kura-kura