New User? Register   |   Sign In   |   Help
FAQ   |   Sitemap   |   Contact Us
Home Torto/Turtle Accessories Food Medicine Collection Articles Story Contact Us
Articles
Kura-kura Leher Panjang

Kura-kura leher panjang (Rotti Snake-necked turtle~Chelodina mccordi) adalah Kura-Kura Leher Ular Rote dengan nama ilmiah chelodina mccordi. Reptilia ini termasuk ordo testudines dari family chelidae dan sub family chelodina baisa disebut Rote's Long Neck Turtle (Kura Leher Panjang Rote/Kura-kura leher Ular Rote). Kura-kura kecil leher panjang yang hanya dapat hidup di lahan basah Pulau Rote ini dinyatakan spesies baru sejak 1994 setelah dilakukan penelitian oleh lembaga ilmiah bekerja sama dengan Departemen Kehutanan.

Spesies ini merupakan pecahan dari C. Novaeguineae. Permintaan perdagangan terhadap jenis kura-kura ini sangat tinggi dengan harga mahal sehingga harus dilestarikan jenisnya. Meski kura-kura leher ular Rote ini memiliki permintaan perdagangan yang tinggi (nilai ekonomis tinggi) namun sebenarnya selama ini spesies kura-kura tersebut sudah punah dan tidak ada lagi di wilayah Rote Ndao. Masyarakat Rote Ndao bahkan telah lupa dengan keberadaan kura-kura ini di nusa lontar. Namun faktanya kura leher ular Rote masih ada dan sejak tahun 1994 dijaga kelestariannya dan dikembagbiakan PT Alam Nusantara Jayatama-Jakarta dibawah pengawasan Departemen Kehutanan. Reptil ini merupakan jenis kura-kura yang hidup endemik di suatu danau (Danau Naluk dan Danau Enduy) di Pulau Rote. Ukuran dewasa bisa mencapai 15-25 cm dan memiliki bentuk karapas yang unik dengan sisi karapas melengkung ke atas. Agar spesies ini tidak punah, Departemen Kehutanan memandang perlu mengembalikan kura-kura ini pada habitatnya di Pulau Rote untuk meningkatkan jumlah populasinya di habitat aslinya sehingga kelestariannya tetap terjaga. Upaya pelestarian kura-kura ini sesuai amanat Undang-undang No.5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya, PP/8/1999 tentang pemanfaatan jenis tumbuhan dan satwa liar, Permenhut no. P.19/Menhut-II/2005 tentang penangkaran tumbuhan dan satwa liar bab X tentang pengembalian ke habitat alam (restocking) dan status satwa purna penangkaran. Untuk mengembalikan kura-kura leher ular Rote ke habitat alamnya, Pemkab Rote Ndao, Jumat (25/6/2009) siang, menggelar rapat persiapan di aula lantai II Kator Bupati Rote Ndao, dipimpin Asisten II, Drs. Sonny Sayd, didampingi Plt Kadis Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (PPK), Ir. Untung dan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Propinsi NTT, Ir. Luhut Sihombing. Rapat dihadiri pula tokoh masyarakat dan Pemerintah Desa Lidabesi dan Desa Maubesi-Kecamatan Rote Tengah (Roteng).

Menurut rencana kura-kura leher ular Rote akan dilepasliar di Danau Peto di wilayah Desa Maubesi, Kecamatan Roteng, Kabupaten Rote Ndao. Sonny Sayd ditanya wartawan usai rapat, Jumat kemarin mengatakan, species kura-kura leher ular Rote yang akan dikembalikan ke habitatnya di Pulau Rote sebanyak 40 ekor. Kura-kura ini akan dilepasliar di danau Peto sebagai alternatif danau untuk dijadikan lokasi habitat kura-kura tersebut. "Kura-kura ini langka dan hampir punah. Bahkan di Pulau Rote sudah tidak ada lagi sehingga yang ada di penangkaran akan dikembalikan ke habitatnya dan dikembangbiakan. Pelepasan kura-kura kehabitanya rencananya akan kan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, tanggal 10 Juli 2009 setelah pelaksanaan pilpees," kata Sonny.

Upaya mengembalikan spesies ini ke habitatnya di Pulau Rote, dilakukan atas kerja sama Departemen Kehutanan, PT alam Nusantara Jayatama-Jakarta dan Pemkab Rote Ndao. Pelestarian secara alami kura-kura leher ular Rote ini, kata Sonny, untuk menjaga keseimbangan populasi kura-kura langka dan unik init. Diharapkan, ke depan dapat bisa dikelola untuk meningkatkan pendapatan asli daerah karena nilai perdagangannya yang tinggi namun tetap dijaga populasinya agar tidak punah [Pos Kupang]
 

Articles
Kura Kura Alligator Snapping (Macrochelys temmincki)
Sternotherus Carinatus (Razorback Musk Turtle)
Membiakkan kura-kura Air
12 Spesies Kura-Kura Langka
Star Tortoise (kura-kura bintang)
Cara Menangani Kura Kura Hamil
Kura-kura Leher Panjang
Kura-kura Moncong Babi
Kura-kura (Bagian 10 - Kekurangan vitamin (Hypovitaminosis))
Kura-kura (Bagian 9 - Penyakit)
Kura-kura (Bagian 8 - Makanan)
Kura-kura (Bagian 7 - Filter)
Kura-kura (Bagian 6 - Pentingnya Pencahayaan Buatan)
Kura-kura (Bagian 5 - Kura-kura Brazil)
Kura-kura (Bagian 4 - Kesehatan dan Penyakit)
Kura-kura (Bagian 3 - Kura-kura Brazil: Fakta dasar dan perawatan kesehatan)
Kura-kura (Bagian 2 - Pemeliharaan Kura-Kura)
Kura-kura (Bagian 1 - Pengenalan Dasar Kura-Kura)
Penyakit Kura-Kura
Merawat kura kura
Mengenal Kehidupan Kura Kura Laut
Membedakan jenis kelamin kura-kura
Manfaat Kura-Kura Bagi Kesehatan
Kura-kura Pun Diberi Akses Jalan
Kura-kura Berkepala Tiga
Products
Torto/Turtle Accessories
Food Medicine
Collection
Site Information
Home
About Us
Articles
Story
Video
News
Guest Book
Help
Contact Us
FAQ
Sitemap
My Account
Newsletter
Enter your email address to subscribe our mailing list:
We take your privacy very seriously
© 2011-2014 Kurakuraku. All rights reserved.   Terms and Conditions   •   Privacy Policy